LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI


                                                              
                                                                   Nama : TOHIR
                                                                   Nis      :
                                                                   Kelas  : XI TKJ 3
                                                            
                  Bidang Studi Keahlian                      : Teknologi Informasi dan Komunikasi
                  Program Studi Keahlian                   : Teknik Komputer dan Informatika
                  Kompetensi Keahlian                        : Teknik Komputer dan Jaringan


SMK PESANTREN CIWARINGIN
JL. PESANTREN SELATAN NO.3 KEC. CIWARINGIN KAB. CIREBON

                                                TAHUN PELAJARAN 2018/2019





MERAKIT KOMPUTER
Di CV.GARDUCOM


Disusun Oleh :
                                                                   Nama : TOHIR
                                                                   Nis      :
                                                                   Kelas  : XI TKJ 3

                  Bidang Studi Keahlian                         : Teknologi Informasi dan Komunikasi
                  Program Studi Keahlian                       : Teknik Komputer dan Informatika
                  Kompetensi Keahlian                           : Teknik Komputer dan Jaringan


SMK PESANTREN CIWARINGIN
JL. PESANTREN SELATAN NO.3 KEC. CIWARINGIN KAB. CIREBON
TAHUN PELAJARAN 2018/2019







HALAMAN PERSETUJUAN

INSTALASI SISTEM OPERASI LINUX MINT
DI GARDU KOM PALIMANAN CIREBON

Disusun Oleh :
                       Nama    : TOHIR
                       NIS       :
                       kELAS  : XI  TKJ 3

Telah disetujui oleh guru pembingbing guna menempuh Sidang Prakerin

Ciwaringin,........................2019

                            Pembingbing I                                                            Pembingbing II



                                                                                                                                                    

  
Mengetahui
Ketua Program Keahlian TKJ




EDI PURNOMO





HALAMAN PENGESAHAN

Laporan Praktek Kerja Industri  (PRAKERIN) ini di ajukan sebagai bukti kegiatan  di industri selama kurang lebih tiga bulan mulai tanggal 1 Januari 2019 sampai dengan 30 Maret2019. Laporan ini di buat dan di sahkan sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) dan bentuk pertanggung jawaban siswa terhadap pihak sekolah.


Mnyetujui


                         Penguji 1                                                                                      Penguji 2

  





                        Mengetahui,                                                                Ciwaringin,....................2019
                        Kepala Sekolah                                                           Ketua Program Keahlian TKJ
                                                
                     Drs.H.SAHIDI,M.Si                                           EDI PURNOMO,S.Kom
                             
                     NIP. 196002121981121003    




                                                          KATA PENGANTAR

Alhamdulillah Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, atas limpahan Rahmat dan Hidayah-Nya, atas Anugerah hidup dan kesehatan yang telah penulis terima serta Petunjuk-Nya, yang telah memberikan kemamouan dan kemudahan bagi penulis dalam penyusunan laporan Praktek Kerja Industri yang berjudul “MERAKIT KOMPUTER” ini disusun untuk mengikuti UN tahun 2019/2020, Setelah melaksanakan Praktek Kerja Industri selama kurang lebih tiga bulan di GC.GARDUCOM pada tanggal 01 Januari s.d 29 April 2019.
Dalam melaksanakan laporan ini, Penulis mengucapkan  banyak terimakasi kepada orang yang telah membantu mensukseskan penulis dalam melaksanakan PRAKERIN. Diantaranya :
1.  Bapak Drs.Sahidi,M.Si, selaku kepala sekolah SMK Pesantren Ciwaringin
2. Ibu  Neni Fitriyani,S.As, selaku wakil kepala sekolah bidang hubungan industri.
      3.  Bapak Edi Purnomo,S.Kom, selaku Ketua Program Keahlian TKJ
4.  Bapak Muhammad Saefullah,S.Kom, selaku Pembimbing I yang membimbing pembuatan Laporan dari awal hingga selesai
      5.   Bapak Abdul iilmi, selaku Pemilik CV. GARDU COMPUTER Palimanan        
      6.  Orang tua, selaku pemberi dukungan dan do’a
Penulis menyadari dalam membuat laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun, agar menjadi lebih baik di masa yang akan datang.
Demikian laporan ini disusun, semoga dengan adanya laporan prakerin  ini, dapat bermanfaat bagi semua khususnya bagi siswa/siswi SMK Perantren.
Wassalamu’alikum Wr. Wb




Cirebon,.............2019


                                                                                    Penulis 


                                                                      DAFTAR ISI
Sampul Muka
Halaman Judul
Halaman Persetujuan ................................................................................................................................. i
Halaman Pengesahan .................................................................................................................................  ii
Kata Pengantar   ......................................................................................................................................... iii
Daftar Isi ....................................................................................................................................................... v
BAB I PENDAHULUAN
   1.1 Latar Belakang Prakerin................................................................................................................... 1
   1.2 Tujuan Prakerin................................................................................................................................... dst
   1.3 Manfaat Prakerin..............................................................................................................
   1.4 Tujuan penulisan Laporan................................................................................................
   1.5 Waktu dan tempat pelaksanaan Prakerin.........................................................................
BAB II PROFIL PERUSAHAAN
   2.1 Sejarah singkat tempat Prakerin......................................................................................................  
   2.2  Bidang Usaha....................................................................................................................................
   2.3 Manfaat yang diperoleh....................................................................................................................
   2.4 Kegiatan prakerin secara berkala..................................................................................................... 
BAB III MERAKIT KOMPUTER
   3.1 Pengertian Merakit Komputer
   3.2 Komponen-komponen Komputer
   3.3 Alat dan bahan
   3.4 langkah-langkah merakit komputer
BAB 4 PENUTUP
   4.1 Kesimpulan ........................................................................................................................................
   4.2 Saran.....................................................................................................................................................
LAMPIRAN
 Daftar Pustaka
 Indetitas Siswa
 Lembar Pembimbing
BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Prakerin
 Prakerin (Praktek Kerja Industri) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan didunia usaha atau dunia industri yang relevan dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya.
 Dalam pelaksanaan prakerin dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi siswa yang bertujuan untuk magang disuatu tempat kerja, baik dunia usaha maupun didunia industri setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya atau sudah mendapatkan bekal dari pembimbing disekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan dalam dunia usaha atau dunia Industri. Ada beberapa hal yang melatar belakangi Praktek Kerja Industri ini, yaitu:
1.     Menerapkan teori pendidikan yang di dapat oleh siswa
2.     Mengubungkan teori yang telah di peroleh dengan hasil Praktek Kerja Industri.
3.     Membuat analisa dan pe.ngamatan terhadap hubungan antara teori dan kenyataan
4.     Mempelajari situasi kerja sesuai ilmu yang didapatkan di lingkungan sekolah.
1.2 Tujuan Prakerin
Tujuan penyelenggaraang Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di SMK PESANTREN CIWARINGIN  bertujuan untuk :
1.     Mempraktikan kemampuan para siswa yang telah diperoleh dari sekolah.
2.     Memperlihatkan kemampuan para siswa di DU/DI.
3.     Mendrong para siswa untuk berjiwa wiraswasta/wira usaha.
4.     Memberikan etos kerja kepada para siswa.
5.     Membekali para siswa dengan pengalaman sebenarnya para DU/DI.
6.     Memberikan informasi pada DU/DI mengenal kualitas kerja para siswa SMK.
7.    Meluaskan pandangan siswa terhadap jenis kerja yang ada pada bidang yang bersangkutan/tempat praktek dengan segala persyaratan.
1.3     Tujuan Penulisan Laporan Prakerin
Tujuan Penulisan Prakerin diantaranya :
a.     Memberi gambaran secara tertulis mengenai lokasi Prakerin dan kegiatan kegiatan yang di lakukan selama Prakerin.
b.          Memberitahu kemampuan kerja pada lini produksi / pelayanan.
c.      Menjadi suatu bukti bahwa telah melaksanakan Prakerin dan meningkatkan pemahaman serta pengetahuan yang di dapat.                                 
d.          Memenuhi syarat untuk mengikuti Ujian Nasional Berbasis komputer (UNBK) dan  Ujian Sekolah (US).         

1.4    Waktu Dan Pelaksanaan
Adapun waktu pelaksanaan PRAKERIN berdasarkan pada tuntunan kurikulum SMK yaitu selama satu tahun, namun karena adanya keterbatasan sekolah dengan DU/DI, maka prakerin baru dapat tercapai sampai dengan tiga bulan saja.
Waktu dan pelaksanaan prakerin dilaksankan selama tiga bulan, yaitu dari :
Waktu Pelaksanaan    : 02 Januari 2019 s/d 30 Maret 2019  
Tempat Pelaksanaan : GARDU COMPUTER, Jl setia budi No.50 Lungbenda   Kec.Palimanan

Aris,S.KOM



BAB ll
PROFIL PERUSAHAAN

2.1    Sejarah Singkat Gardu Computer
Gardu  Computer  yang  beralamat  di  jalan  Dr. Setia  Budhi  No. 50  Lungbenda  Palimanan  Cirebon, didirikan  pada  tahun  1994  oleh bapak  ILMI,S.T. Merupakan  salah  satu  badan  yang  bergerak  dalam  bidang  jasa  dan  perdagangan  yang  melayani  serta  menyediakan  bahan-bahan  dalam  teknik  industri, alat-alat  dan  persaran  komputer.
Awal  mula  perintisan  CV. Duta  teknik  dimulai  dari  pembentukan  usaha  perseorang  yang  bernama  Duta  Teknik  Ekektrik. Duta  Teknik  Elektrik bergerak  dalam  bidang  elektronik, bisa  dikatakan  bahwa  Duta Teknik Elektrik inilah  awal  berkembangnya  CV. Duta Teknik  karena  usaha  yang  pertama kali dijalankan  kemudian  usaha  ini  yang  berkembang  denga  pesat sehingga  dapat  membentuk  usaha baru  lagi yang  bergerak  dalam bidang  sarana dan prasarana komputer  yang  diberi  nama usahanya yaitu GARDU  COMPUTER.
Bapak  Ilmi,S.T.  Memimpin  dua  bidanng  usaha  yaitu  Duta Teknik Elektrik dan Duta Gardu Computer kemudian  pada  tahun  2002 diresmikan  menjadi  sebuah  badan  usaha  dengan  nama  CV. Duta  Teknik dan  Duta Teknik  Elektrik  beserta  Gardu Computer  menjadi  anak  cabang  dari  CV. Duta  Teknik.
Pada  perkembanganya  yang  selanjutnya  CV. Duta  Teknik  mengalami kemajuan  yang  sangat  pesat  dan  mempunyai  banyak  konsumen, diantaranya  dari  berbagai  sekolah  baik  Negri  maupun  Swasta  serta  perusahaan  industri  lainya. Tentunya  tidak  bisa  ditanggulangi  sendiri  sehingga  CV. Duta  Teknik  menjalin  kerja  sama  dengan  perusahaan  lainya  di  daerah  Cirebon  seperti CV Caruban, CV. Indexindo  Pratama, CV. Magasindo, dan CV. Gajah Tunggal.
2.2    Bidang Usaha  Di Tempat Prakerin
Gardu Computer adalah sebuah perusahan yang menerima jasa Service                 Computerdan kebutuhan alat-alat computer.
Yang bertempat di Jln. Dr. Setia Budhi NO.50 Lungbenda,  Palimanan  Cirebon.
Telp/Fax : 081 221 976 38  E-mail : garducomp@yahoo.co.id

2.3     Manfaat Yang Diperoleh Selama Berada Di Tempat Prakerin
Manfaat prakerin selama berada di tempat prakerin adalah :
1. Dapat membandingkan kemampuan yang diperoleh disekolah dengan yang         dibutuhkan  didunia kerja
2.  Memperoleh wawasan luas mengenai dunia kerja.
3.  Meningkatkan rasa percaya diri, disiplin dan tanggung jawab.
4.  Dapat memahami, menetapkan dan mengembangkan pelajaran yang diperoleh didunia kerja.


BAB III
MERAKIT KOMPUTER

3.1    Pengertian Mrakit PC/ Komputer
Merakit Komputer yaitu : merangkai semua komponen-komponen komputer untuk menjadi sebuah PC yang siap untuk digunakan.
3.2    Komponen-komponen Komputer
Komponen-komponen komputer yasng harus dirakit meliputi sebagai berikut :
1. Motherboard


Motherboard, berfungsi untuk memasang komponen - komponen yang kecil seperti harddisk, ram, sound card, vga card, internal modem dan lain sebagainya.Motherboard, berfungsi untuk memasang komponen - komponen yang kecil seperti harddisk, ram, sound card, vga card, internal modem dan lain sebagainya. Oleh karna itu motherboard merupakan sebuah pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen-komponen yang terpasang padanya. Motherboard juga memiliki beberapa komponen diantaranya sebagai berikut :
a. soket processor (soket ini merupakan tempat dimana pocessor dipasang)
b. slot memori (slot ini merupakan sebuah tempat dimana untuk memsangkan memori utama komputer)
c. slot PCI (merupakan slot umum yang digunakan untuk memasang kartu atau card)
d. batrai cimos berfunsi untuk memberikan daya pada BIOS
e. slot sata berfungsi untuk menghubungkan hardisk dengan sistem komputer)
f.  port IDE
g. hetsing fan burfungsi sebagi pendingin processor supaya tidak terjadi konsleting.
h. back panel ,kupulan port yang biasanya diletakan pada bagian belakang casing atau wadah komputer. Port atau colokan yang biasanya ada pada bagian belakang casing komputer PC adalah Port PS/2 Mouse, Port PS/2 Keyboard, Port audio, Port USB, Poart RJ45,  Port SPDIF, Port Frewire.


2. Processor/ CPU (Central Processing Unit)

Processor, ini berfungsi untuk melakukan sebuah perhitungan dan menjalankan sebuah tugas yang cukup penting. Processor ini terletak pada socket yang sudah disediakan di dalam motherboard. Prosesor juga sering disebut sebagai otak dari komputer secara jelasnya, prosesor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalaannya sebuah sistem komputer. Oleh karna itu prosesor disebut sebagai otak komputer.





3. VGA (Vidoe Grafic Adapter)
VGA, ini juga memiliki fungsi yang tidak kalah penting dengan komponen lain,  VGA berfungsi untuk menerjemahkan/ mengubah suatu sinyal digital dari sebuah komputer menjadi sebuah tampilan grafis ke suatu layar monitor.Sehingga monitorpun dapat menampilkan grafic yang di inginkan.

 4.HARDISK
Hardisk juga merupakan komponen komputer yang sangat penting. Sebagaimana  tugas dari sebuah hardisk  dalam komputer adalah melakukan sebuah penyimpanan pada komputer. Semua file yang disimpan simpan pada komputer maka akan tersimpan di harddisk. Harddisk bukan hanya menyimpan file - file kecil seperti gambar, video dokumen, tetapi hardisk juga menyimpan sistem operasi dari komputer sebuah komputer. Oleh karna itu maka tak heran jika hardisk memiliki kapasitas penyimpann yang besar.

5. CD/DVD-ROM (OPTICAL DRIVE)
CD/DVD-ROM (Optical Drive)  merupakan sebuah hardware yang berfungsi untuk membaca sebuah data/file dari CD/DVD dan akan memburningkannya ke sebuah data ke dalam sebuah CD/DVD. Fungsinya untuk membaca sebuah data/file  dan menulisnya ke dalam CD.

6. RAM (Random Acess Memory



 RAM adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk penyimpanan sementara, disaat komputer menjalankan sebuah aplikasi maka aplikasi tersebuat akan disimpan di dalam Ram selama sementara.

7. PSU (Power Supply Unit)


Fungsi utama power supply adalah mengubah sebuah arus listrik bolak balik ke arus listrik yang searah. Fungsi yang lain dari power supply adalah meminikan
kerusakan pada macam - macam perangkat komputer yang dikarenakan tidak teraturnya aliran sebuah listrik ke dalam komponen komputer.


8. Sound card
Sound card ini berfungsi untuk sebuah pengolah data menjadi audio atau sebuah suara dan juga sebagai penghubung alat seperti input atau output suara ke sebuah komputer.




9. Casing CPU


Casing CPU sendiri berfungsi untuk memsang ataupun meletakkan komponen – komponen omputer seperti Harddisk, Power Supplay, Motherboard, CD-ROM dan lain sebagainya. Banyak sekali jenis – jenis dari casing CPU sesuai dengan kebutuhannya. Ada yg dari harga murah sampai dengan harga yang mahal.




10.Monitor


       Monitor ini berfungsi sebagai komponen untuk menampilkan data - data berupa grafis dari sebuah prosessor untuk ditampilkan agar user atau pengguna dapat melihat isi dari tampilan CPU.  Tanpa monitor kita tidak akan bisa melihat kinerja dari PC.

3.3     ALAT DAN BAHAN
Persiapan Sebelum Memulai Cara Merakit Komputer (PC) ada beberapa komponen atau perlengkapan yang harus disiapkan diantaranya :
1. Untuk alat kerja yang harus disiapkan
-          Obeng (min/ plus)
-          Skrup
-          Baud
2. Untuk komponen komputer (PC) yang harus disiapkan
-          Motherboard
-          Processor
-          Hetsink fan
-          Ram
-          VGA
-          Casing
-          Power supply
-          Hardisk
-          DVD/ CDROM (Optical Drive)
-          Keyboard, mouse, dan
-          Monitor


3. Untuk software  yang di perlukan hanya sebuah CD atau Flashdisk yang sudah di isi dengan sistem operasi, seperti : windows 7, windows 8, windows 10, linux dan lain sebagainya.
3.4    LANGKAH-LANGKAH MERAKIT MERAKIT KOMPUTER
       Langkah-langkah merakit komputer adalah sebagai berikut :
  1. Pasang processor ke motherboard dengan cara
          Pertama buka atau tarik ke atas tuas pengunci socket prosesor pada motherboard.

Gambar 3.4.1 Pmasangan prosesor
            Sebelum meletakkan procesor ke socket, lihat tanda titik/segitiga di sudut prosesor lalu
     cocokan tanda yang sama di socket motherboard, jika sudah terpasang dengan baik kunci 
     kembali soket procesor tersebut. Lapisi atau oleskan pasta di bagias atas prosesor yang akan di
     pasang heatsink. Pasta berfungsi sebagai penyalur panas dari processor ke heatsink.
    Selanjutnya pasang Heatsink di atas prosesor, kunci Heatsink sehingga tidak goyang atau
    tampak mau lepas. Terakhir colokokan konektor power kipas Heatsink ke motherboard. Dan
    pastikan kembali bahwa Heatsink & Procesor sudah terpasang baik.
2. Pasang RAM / Memori ke Motherboard
        Lihat dan buka tuas penguncinya, lalu sesuaikan posisi lekukan pada RAM dengan lekukan          pada slot RAM pada motherboard. Jika  sudah pas lalu tekan di setiap ujung RAM hingga tuas    pengunci RAM / memori kembali mengunci biasanya di tandai dengan bunyi “klik”. Pastikan      Memory RAM sudah terpasang baik & benar.
Gambar 3.4.2 Pemasangan RAM

3. Pasang Power Supply Unit (PSU) Pada Casing
   Pasangkan PSU di atas pojok atau biasanya ada juga yang di taruh dibawah tergantung model
  dari casing sendiri. Sesuaikan lubang sekrup pada PSU dengan  lubang sekrup casing. Kunci
  PSU menggunakan sekrup yang ada menggunakan obeng (+). Pastikan PSU sudah terpasang  
  benar & tidak goyang.


Gambar 3.4.3 Pemasangan PSU
4. Pasang Harddisk Dan CD atau DVR-RW (Optical Drive)
    Letakkan casing dalam keadaan berdiri, pasang Harddisk pada casing dan kunci dengan
    baut menggunakan obeng plus. Pasang CD atau DVR-RW di bagian atas dari depan casing dan
    kunci dngan sekrup agar tidak gerak. Selanjutnya pasang masing-masing kabel pada Harddisk dan
    CD/DVD RW.  Untuk pemasangan kabel pastikan jenis port serial dari Hardisk & CD/DVD RW
    apakah menggunakan jenis ATA atau SATA. Untuk Kabel power diambil dari PSU sedangkan
    untuk data dipasangkan dari motherboard.
 5. Pasang motherboard pada casing
    Lihat lubang sekrup yang ada pada casing dan lubang sekrup pada motherbord. Letakanmotherbord
    ke dalam casing dengan mencocokan lubang sekrup yang ada pada motherbord dan     casing.
    Kunci dengan sekrup yang ada menggunakan obeng (+).

Gambar 3.4.5 Pemasangan motherboard

6. Memasang Kabel Motherboard dan Casing
  •           Pasang kabel konektor IDE pr
  •           imary dan secondary pada motherboard.
  •           Untuk motherboard non ATX, pasang kabel port serial dan pararel pada konektor di             motherboard.
  •           Pada bagian belakang casing terdapat lubang untuk memasang port

  •           tambahan jenis non slot. Buka sekerup pengunci pelat tertutup lubang port laluma sukkan    port konektor yang ingin dipasang dan pasang sekerup kembali.
  •            Hubungkan kabel konektor mouse dan keyboard pada motherboard.
  •           Hubungan kabel konektor yang lainnya seperti LED, speaker internal dan port yang            tersedia di casing komputer.
7. Pasang VGA pada motherboard
    Perhatikan slot untuk memasang vga lalu buka penguncinya.Pasangkan vga dengan baik dabenar.
    Setelah terpasang kuncikan vga dengan kunci  yang ada di slot vga.

8. Tahap terakhir perakitan komputer
   Jika semua langkah-langkah perakitan komputer sudah selesai, kini tutup dengan casingberi sekrup.
   Hubungkan kabel dari catu daya ke soket dinding dan juga hubungkan konektor  monitor ke port
   video card, konektor kabel keyboard dan konektor mouse ke port mouse.

 9. Melakukan pemeriksaan/ pengecekan
     Setelah komputer selesai dirakit, kita lakukan pemeriksaan dan pengetesan hasilnya dengan
     program BIOS, caranya yaitu :
  •            Nyalakan komputer dan monitor, lihat layar monitor dan juga dengarkan suara dari              speaker.
  •             Nah program Fost dari Bios ini akan otomatis mendeteksi hardware apa saja yang sudah      dipasang pada komputer..
  •              Lakukan setting untuk nilai dari kapasitas hardisk dan boot sequence.
  •            Jika  sudah lalu simpan hasil settingan dan exit dari setup BIOS, maka komputer meload      system operasi dengan urutan pencarian yang disesuaikan dengan settingan boot                   sequence pada Bios.
  •            Selanjutnya adalah menginstall sistem operasi pada komputer sesuai dengan sistem             operasi yang kita inginkan. Ada banyak sistem operasi, diantaranya sistem operasi               windows,  linux, mac os, dan lain sebagainya.  jika komputer sudah di instal dengan           sistem operasi, maka selanjutnya,
BAB IV
PENUTUP
4.1     Kesimpulan
Praktek Kerja Industri(PRAKERIN) adalah gagasan baik untuk membanggakan kreativitas dan skil yang dimiliki siswa. Karena melalui Prakerin, selain  malitih dan tanggung jawab siswa Praktek lapangan industri, siswa akan menemukan jati diri selama berada dan berinteraksi sengan lingkungan masyarakat luar.
Berinteraksi didunia industri atau usaha tidaklah mudah, ada banyak hal yang perlu dilakuakan, agar orang yang aknan kit ajak hubungan kerjasama dapat terkesan akan apa yang kita lakukan atau kita kerjakan. Intinya sangat memberikan pandangan luas bagi kita sebagai seorang siswa atau siswi (PELAJAR).
Setelah penulis melaksanakan PRAKERIN selama tiga bulan di CV.GARDUCOM yang dilaksanakan pada tanggal 01 Januari 2019 sampai dengan 30 Maret 2019, maka dengan demikian penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut :
1)      Didalam dunia usaha disiplin itu sangat perlu diperhatikan dan juga tidak mengabaikan keselamatan.

2)      Mengembangkan inisiatif kerjasama dan bertanggung jawab dalam bekerja.
3)      Dapat mengembangkan etos kerja  yang baik dan benar.
4)       Dapat memaksimalkan skil dan keterampilan dalam dunia susaha.
5)      Mengenal lingkungan dan suasana kerja yang  sebenarnya di perusahaan (DU/DI).
6)      Menjaga tempat kebersihan tempat bekerja.
4.2     Saran
Pada kesempatan kali ini izinkan penulis untuk menyampaikan atau memberikan saran pada pihak  dunia usaha (DU/DI), pihak sekolah dan pembaca, yang sekiranya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan guna kemajuan dimasa yang akan datang.
4.2.1  Saran untuk pihak (DU/DI) 
1.    Pihak dunia industri dapat memberikan lebih banyak pekerjaan yang bermnfaat bagi siswa ataupun siswi. Supaya dapat mengisi waktu-waktu kosong dengan suatu pekerjaan yang bermanfaat. Dengan demikian dapat membuat siswa lebih berkembang lebih cepat dan efektif.
2.    Ada baiknya (DU/DI) meningkatkan pelayanan yang terbaik demi kepuasan pelanggan.

 



4.2.2  Saran untuk pihak sekolah
1.    Sebaiknya setelah selesai Prakerin, pihak sekolah memberikan jeda waktu untuk siswa beristirahat yang cukup.
2.    Melengkapi alat-alat praktikum yang sekiranya belum lengkap atau kurang.
3.    Tingkatkan guru-guru produktif.
4.    Teori dan praktikum sebaiknya  diberi semaksimal mungkin, agar siswa atau siswi peserta Prakerinlebih siap saat berada di suatu instansi.
5.    Memperluas kerjasama deangan dengan pihak perusahaan, sehingga mempermudah penerimaan siswa atau siswi yang ingin melaksanakan Prakerin.

Penulis sangat berharap besar, semoga lapran ini dapat berguna agai siswa ataupun siswi khususnya
para pembaca pada umumnya, penulis menyadari bahawa dalam  penulisan laporan ini banyak
kekurangan, sesuai dengan pepatah “Tiada Gading Yng Tak Retak”, tiada karya manusia yang 
sempurna selain karya-Nya.
Demikian keadaan laporan PRAKERIN ini . Oleh karna, penulis senantiasa menharapkan adanya
saran dan kritik  yang membangun, sehingga dimasa yang akan datang. Penulis sangat berharap,
semoga dengan penulisan laporan ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak.


  • yang harus dilakukan ialah menginstall aplikasi pada komputer, diantaranya aplikasi anti virus, microsoft office, webcam, dan lain-lain.
  • Jika sudah melakukan penginstalan sistem operasi dan aplikasi (software) pada komputer maka komputer sudah dapat digunakan untuk membantu pekerjaan manusia.