LAPORAN PRAKTEK
KERJA INDUSTRI
Nama :
TOHIR
Nis :
Kelas :
XI TKJ 3
Bidang Studi Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Studi Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan
SMK PESANTREN CIWARINGIN
JL. PESANTREN SELATAN NO.3 KEC. CIWARINGIN
KAB. CIREBON
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
MERAKIT KOMPUTER
Di CV.GARDUCOM
Disusun Oleh :
Nama : TOHIR
Nis :
Kelas : XI TKJ 3
Bidang Studi Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Studi Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan
SMK PESANTREN CIWARINGIN
JL. PESANTREN SELATAN NO.3 KEC. CIWARINGIN KAB. CIREBON
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
HALAMAN PERSETUJUAN
INSTALASI SISTEM OPERASI LINUX MINT
DI GARDU KOM PALIMANAN CIREBON
Disusun Oleh :
Nama : TOHIR
NIS :
kELAS : XI
TKJ 3
Telah disetujui oleh guru pembingbing guna
menempuh Sidang Prakerin
Ciwaringin,........................2019
Pembingbing I Pembingbing
II
Mengetahui
Ketua Program Keahlian TKJ
EDI PURNOMO
HALAMAN PENGESAHAN
Laporan Praktek
Kerja Industri (PRAKERIN) ini di ajukan
sebagai bukti kegiatan di industri
selama kurang lebih tiga bulan mulai tanggal 1 Januari 2019 sampai dengan 30
Maret2019. Laporan ini di buat dan di sahkan sebagai salah satu syarat untuk
mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) dan bentuk
pertanggung jawaban siswa terhadap pihak sekolah.
Mnyetujui
Penguji 1 Penguji
2
Mengetahui, Ciwaringin,....................2019
Kepala Sekolah Ketua
Program Keahlian TKJ
Drs.H.SAHIDI,M.Si EDI PURNOMO,S.Kom
NIP. 196002121981121003
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah Puji
syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, atas limpahan Rahmat dan Hidayah-Nya,
atas Anugerah hidup dan kesehatan yang telah penulis terima serta Petunjuk-Nya,
yang telah memberikan kemamouan dan kemudahan bagi penulis dalam penyusunan
laporan Praktek Kerja Industri yang berjudul “MERAKIT KOMPUTER” ini
disusun untuk mengikuti UN tahun 2019/2020, Setelah melaksanakan Praktek Kerja
Industri selama kurang lebih tiga bulan di GC.GARDUCOM pada tanggal 01 Januari
s.d 29 April 2019.
Dalam
melaksanakan laporan ini, Penulis mengucapkan
banyak terimakasi kepada orang yang telah membantu mensukseskan penulis
dalam melaksanakan PRAKERIN. Diantaranya :
1. Bapak Drs.Sahidi,M.Si, selaku kepala sekolah SMK Pesantren
Ciwaringin
2. Ibu Neni Fitriyani,S.As, selaku wakil kepala
sekolah bidang hubungan industri.
3. Bapak Edi Purnomo,S.Kom, selaku Ketua Program Keahlian TKJ
4. Bapak Muhammad Saefullah,S.Kom, selaku Pembimbing I yang
membimbing pembuatan Laporan dari awal hingga selesai
5.
Bapak Abdul iilmi,
selaku Pemilik CV. GARDU COMPUTER Palimanan
6. Orang
tua, selaku pemberi dukungan dan do’a
Penulis
menyadari dalam membuat laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena
itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun, agar menjadi
lebih baik di masa yang akan datang.
Demikian
laporan ini disusun, semoga dengan adanya laporan prakerin ini, dapat bermanfaat bagi semua khususnya bagi
siswa/siswi SMK Perantren.
Wassalamu’alikum
Wr. Wb
Cirebon,.............2019
Penulis
DAFTAR ISI
Sampul Muka
Halaman Judul
Halaman
Persetujuan ................................................................................................................................. i
Halaman
Pengesahan ................................................................................................................................. ii
Kata
Pengantar ......................................................................................................................................... iii
Daftar Isi ....................................................................................................................................................... v
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Prakerin................................................................................................................... 1
1.2 Tujuan Prakerin................................................................................................................................... dst
1.3 Manfaat
Prakerin..............................................................................................................
1.4 Tujuan penulisan
Laporan................................................................................................
1.5 Waktu dan tempat
pelaksanaan
Prakerin.........................................................................
BAB II PROFIL PERUSAHAAN
2.1 Sejarah singkat tempat
Prakerin......................................................................................................
2.2 Bidang Usaha....................................................................................................................................
2.3 Manfaat yang diperoleh....................................................................................................................
2.4 Kegiatan prakerin
secara berkala.....................................................................................................
BAB III MERAKIT KOMPUTER
3.1 Pengertian
Merakit Komputer
3.2
Komponen-komponen Komputer
3.3 Alat dan bahan
3.4 langkah-langkah merakit
komputer
BAB 4 PENUTUP
4.1 Kesimpulan ........................................................................................................................................
4.2 Saran.....................................................................................................................................................
LAMPIRAN
Daftar Pustaka
Indetitas Siswa
Lembar Pembimbing
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Prakerin
Prakerin (Praktek Kerja Industri) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan
dan pembelajaran yang dilaksanakan didunia usaha atau dunia industri yang
relevan dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya.
Dalam pelaksanaan prakerin dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi
siswa yang bertujuan untuk magang disuatu tempat kerja, baik dunia usaha maupun
didunia industri setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang
digelutinya atau sudah mendapatkan bekal dari pembimbing disekolah untuk
memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan dalam dunia usaha atau dunia
Industri. Ada beberapa hal yang melatar belakangi Praktek Kerja Industri ini,
yaitu:
1. Menerapkan
teori pendidikan yang di dapat oleh siswa
2. Mengubungkan teori yang telah di peroleh dengan hasil Praktek Kerja
Industri.
3. Membuat analisa
dan pe.ngamatan terhadap hubungan antara teori dan kenyataan
4. Mempelajari
situasi kerja sesuai ilmu yang didapatkan di lingkungan sekolah.
1.2 Tujuan Prakerin
Tujuan penyelenggaraang Praktek Kerja Industri
(PRAKERIN) di SMK PESANTREN CIWARINGIN bertujuan untuk :
1. Mempraktikan kemampuan para siswa yang telah
diperoleh dari sekolah.
2. Memperlihatkan kemampuan para siswa di DU/DI.
3. Mendrong para siswa untuk berjiwa
wiraswasta/wira usaha.
4. Memberikan etos kerja kepada para siswa.
5. Membekali para siswa dengan pengalaman
sebenarnya para DU/DI.
6. Memberikan informasi pada DU/DI mengenal
kualitas kerja para siswa SMK.
7. Meluaskan pandangan siswa terhadap jenis
kerja yang ada pada bidang yang bersangkutan/tempat praktek
dengan segala persyaratan.
1.3 Tujuan Penulisan Laporan Prakerin
Tujuan Penulisan Prakerin diantaranya :
a. Memberi gambaran secara tertulis mengenai lokasi Prakerin dan kegiatan
kegiatan yang di lakukan selama Prakerin.
b. Memberitahu kemampuan kerja pada lini produksi / pelayanan.
c. Menjadi suatu bukti bahwa telah melaksanakan Prakerin dan meningkatkan pemahaman
serta pengetahuan yang di dapat.
d. Memenuhi syarat untuk mengikuti Ujian Nasional Berbasis komputer (UNBK)
dan Ujian
Sekolah (US).
1.4 Waktu Dan Pelaksanaan
Adapun waktu pelaksanaan PRAKERIN berdasarkan pada tuntunan kurikulum SMK
yaitu selama satu tahun, namun karena adanya keterbatasan sekolah dengan DU/DI,
maka prakerin baru dapat tercapai sampai dengan tiga bulan saja.
Waktu dan pelaksanaan
prakerin dilaksankan selama tiga
bulan, yaitu dari
:
Waktu Pelaksanaan : 02 Januari 2019
s/d 30 Maret 2019
Tempat Pelaksanaan : GARDU COMPUTER, Jl
setia budi No.50 Lungbenda Kec.Palimanan
Aris,S.KOM
|
BAB ll
PROFIL PERUSAHAAN
2.1 Sejarah Singkat Gardu Computer
Gardu
Computer yang beralamat
di jalan Dr. Setia
Budhi No. 50 Lungbenda
Palimanan Cirebon, didirikan pada
tahun 1994 oleh bapak
ILMI,S.T. Merupakan salah satu
badan yang bergerak
dalam bidang jasa
dan perdagangan yang
melayani serta menyediakan
bahan-bahan dalam teknik
industri, alat-alat dan persaran
komputer.
Awal
mula perintisan CV. Duta
teknik dimulai dari
pembentukan usaha perseorang
yang bernama Duta
Teknik Ekektrik. Duta Teknik
Elektrik bergerak dalam bidang
elektronik, bisa dikatakan bahwa
Duta Teknik Elektrik inilah
awal berkembangnya CV. Duta Teknik karena
usaha yang pertama kali dijalankan kemudian
usaha ini yang
berkembang denga pesat sehingga dapat
membentuk usaha baru lagi yang
bergerak dalam bidang sarana dan prasarana komputer yang
diberi nama usahanya yaitu
GARDU COMPUTER.
Bapak
Ilmi,S.T. Memimpin dua
bidanng usaha yaitu
Duta Teknik Elektrik dan Duta Gardu Computer kemudian pada
tahun 2002 diresmikan menjadi
sebuah badan usaha
dengan nama CV. Duta
Teknik dan Duta Teknik Elektrik
beserta Gardu Computer menjadi
anak cabang dari
CV. Duta Teknik.
Pada
perkembanganya yang selanjutnya
CV. Duta Teknik mengalami kemajuan yang
sangat pesat dan
mempunyai banyak konsumen, diantaranya dari
berbagai sekolah baik
Negri maupun Swasta
serta perusahaan industri
lainya. Tentunya tidak bisa
ditanggulangi sendiri sehingga
CV. Duta Teknik menjalin
kerja sama dengan
perusahaan lainya di
daerah Cirebon seperti CV Caruban, CV. Indexindo Pratama, CV. Magasindo, dan CV. Gajah
Tunggal.
2.2 Bidang
Usaha Di Tempat Prakerin
Gardu Computer adalah sebuah perusahan yang menerima jasa Service Computerdan kebutuhan alat-alat computer.
Yang bertempat di Jln. Dr. Setia Budhi NO.50 Lungbenda, Palimanan
Cirebon.
2.3 Manfaat
Yang Diperoleh Selama Berada Di Tempat Prakerin
Manfaat prakerin selama berada di tempat
prakerin adalah :
1. Dapat membandingkan kemampuan yang diperoleh disekolah dengan yang dibutuhkan didunia kerja
2. Memperoleh
wawasan luas mengenai dunia kerja.
3. Meningkatkan
rasa percaya diri, disiplin dan tanggung jawab.
4. Dapat memahami, menetapkan dan
mengembangkan pelajaran yang diperoleh didunia kerja.
BAB III
MERAKIT KOMPUTER
3.1 Pengertian Mrakit PC/ Komputer
Merakit Komputer yaitu : merangkai semua
komponen-komponen komputer untuk menjadi sebuah PC yang siap untuk digunakan.
3.2 Komponen-komponen Komputer
Komponen-komponen komputer yasng harus dirakit
meliputi sebagai berikut :
1. Motherboard
Motherboard, berfungsi
untuk memasang komponen - komponen yang kecil seperti harddisk, ram, sound
card, vga card, internal modem dan lain sebagainya. Motherboard, berfungsi
untuk memasang komponen - komponen yang kecil seperti harddisk, ram, sound
card, vga card, internal modem dan lain sebagainya. Oleh karna itu motherboard
merupakan sebuah pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen-komponen
yang terpasang padanya. Motherboard juga memiliki beberapa komponen diantaranya
sebagai berikut :
a. soket processor (soket ini merupakan tempat dimana
pocessor dipasang)
b. slot
memori (slot ini merupakan sebuah tempat dimana untuk memsangkan memori utama
komputer)
c. slot
PCI (merupakan slot umum yang digunakan untuk memasang kartu atau card)
d. batrai cimos berfunsi untuk memberikan daya pada
BIOS
e. slot sata berfungsi untuk menghubungkan hardisk
dengan sistem komputer)
f. port IDE
g. hetsing
fan burfungsi sebagi pendingin processor supaya tidak terjadi konsleting.
h.
back panel ,kupulan port yang biasanya diletakan pada bagian belakang casing
atau wadah komputer. Port atau colokan yang biasanya ada pada bagian belakang
casing komputer PC adalah Port PS/2 Mouse, Port PS/2 Keyboard, Port audio, Port
USB, Poart RJ45, Port SPDIF, Port
Frewire.
2. Processor/ CPU (Central Processing Unit)
Processor, ini berfungsi
untuk melakukan sebuah perhitungan dan menjalankan sebuah tugas yang cukup
penting. Processor ini terletak pada socket yang sudah disediakan di dalam
motherboard. Prosesor juga sering disebut sebagai otak dari komputer secara jelasnya,
prosesor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalaannya sebuah sistem
komputer. Oleh karna itu prosesor disebut sebagai otak komputer.
3. VGA
(Vidoe Grafic Adapter)
VGA, ini juga memiliki fungsi yang tidak kalah
penting dengan komponen lain, VGA berfungsi untuk menerjemahkan/ mengubah suatu
sinyal digital dari sebuah komputer menjadi sebuah tampilan grafis ke suatu
layar monitor.Sehingga monitorpun dapat
menampilkan grafic yang di inginkan.
4.HARDISK
Hardisk juga merupakan
komponen komputer yang sangat penting. Sebagaimana tugas dari sebuah hardisk
dalam komputer adalah melakukan sebuah penyimpanan pada
komputer. Semua file yang disimpan simpan
pada komputer maka akan
tersimpan di harddisk. Harddisk bukan hanya menyimpan file - file kecil seperti
gambar, video dokumen, tetapi hardisk juga
menyimpan sistem operasi dari komputer sebuah komputer. Oleh
karna itu maka tak heran jika hardisk memiliki kapasitas penyimpann yang besar.
5. CD/DVD-ROM
(OPTICAL DRIVE)
CD/DVD-ROM (Optical
Drive) merupakan
sebuah hardware yang berfungsi untuk membaca sebuah data/file dari CD/DVD dan akan memburningkannya ke sebuah data ke dalam sebuah CD/DVD.
Fungsinya untuk
membaca sebuah data/file dan menulisnya ke dalam CD.
6. RAM
(Random Acess Memory
RAM adalah sebuah komponen yang berfungsi
untuk penyimpanan sementara, disaat komputer menjalankan sebuah aplikasi maka
aplikasi tersebuat akan disimpan di dalam Ram selama sementara.
7.
PSU (Power Supply Unit)
Fungsi utama power supply adalah
mengubah sebuah arus listrik bolak balik ke arus listrik yang searah. Fungsi
yang lain dari power supply adalah meminikan
kerusakan
pada macam - macam perangkat komputer yang dikarenakan tidak teraturnya aliran
sebuah listrik ke dalam komponen komputer.
8. Sound card
Sound
card ini berfungsi untuk sebuah pengolah data
menjadi audio atau sebuah suara dan juga sebagai penghubung alat seperti input
atau output suara ke sebuah komputer.
9. Casing CPU
Casing
CPU sendiri berfungsi untuk memsang ataupun
meletakkan komponen – komponen omputer seperti Harddisk, Power Supplay,
Motherboard, CD-ROM dan lain sebagainya. Banyak sekali jenis – jenis dari casing CPU sesuai dengan kebutuhannya. Ada yg dari harga
murah sampai dengan harga yang mahal.
10.Monitor
Monitor ini berfungsi sebagai komponen untuk
menampilkan data - data berupa grafis dari sebuah prosessor untuk ditampilkan
agar user atau pengguna dapat melihat isi dari tampilan CPU. Tanpa monitor kita tidak akan bisa
melihat kinerja dari PC.
3.3 ALAT DAN BAHAN
Persiapan Sebelum Memulai Cara Merakit
Komputer (PC) ada beberapa komponen atau perlengkapan yang harus disiapkan
diantaranya :
1. Untuk alat kerja yang harus disiapkan
-
Obeng (min/ plus)
-
Skrup
-
Baud
2. Untuk komponen komputer (PC) yang harus
disiapkan
-
Motherboard
-
Processor
-
Hetsink fan
-
Ram
-
VGA
-
Casing
-
Power supply
-
Hardisk
-
DVD/ CDROM (Optical Drive)
-
Keyboard, mouse, dan
-
Monitor
3. Untuk software yang di perlukan
hanya sebuah CD atau Flashdisk yang sudah di isi dengan sistem operasi, seperti
: windows 7, windows 8, windows 10, linux dan lain sebagainya.
3.4 LANGKAH-LANGKAH MERAKIT MERAKIT KOMPUTER
Langkah-langkah merakit komputer adalah sebagai berikut :
1. Pasang processor ke motherboard dengan cara
Pertama buka atau tarik ke atas tuas
pengunci socket prosesor pada motherboard.
Gambar 3.4.1 Pmasangan prosesor
Sebelum meletakkan procesor ke socket, lihat tanda titik/segitiga di sudut
prosesor lalu
cocokan tanda yang sama di socket motherboard, jika sudah
terpasang dengan baik kunci
kembali soket procesor tersebut. Lapisi atau oleskan
pasta di bagias atas prosesor yang akan di
pasang heatsink. Pasta berfungsi sebagai penyalur panas dari processor ke heatsink.
Selanjutnya pasang
Heatsink di atas prosesor, kunci Heatsink sehingga tidak goyang atau
tampak mau lepas. Terakhir colokokan
konektor power kipas Heatsink ke motherboard. Dan
pastikan kembali bahwa
Heatsink & Procesor sudah terpasang baik.
2. Pasang RAM / Memori ke
Motherboard
Lihat dan buka tuas
penguncinya, lalu sesuaikan posisi lekukan
pada RAM dengan lekukan pada slot RAM pada motherboard. Jika sudah pas lalu tekan di setiap ujung RAM
hingga tuas pengunci RAM / memori kembali mengunci biasanya di tandai dengan
bunyi “klik”. Pastikan Memory RAM sudah terpasang baik & benar.
Gambar 3.4.2 Pemasangan RAM
3. Pasang Power Supply
Unit (PSU) Pada Casing
Pasangkan PSU di atas pojok atau biasanya
ada juga yang di taruh dibawah tergantung model
dari casing sendiri. Sesuaikan lubang
sekrup pada PSU dengan lubang sekrup casing. Kunci
PSU menggunakan
sekrup yang ada menggunakan obeng (+). Pastikan PSU sudah terpasang
benar & tidak goyang.
Gambar 3.4.3
Pemasangan PSU
4. Pasang Harddisk Dan CD atau DVR-RW (Optical Drive)
Letakkan casing dalam keadaan berdiri,
pasang Harddisk pada casing dan kunci dengan
baut menggunakan obeng plus. Pasang CD atau DVR-RW
di bagian atas dari depan casing dan
kunci dngan sekrup agar tidak gerak. Selanjutnya pasang
masing-masing kabel pada Harddisk dan
CD/DVD RW. Untuk pemasangan kabel
pastikan jenis port serial dari Hardisk & CD/DVD RW
apakah menggunakan
jenis ATA atau SATA. Untuk Kabel power diambil dari PSU sedangkan
untuk data dipasangkan dari motherboard.
5. Pasang motherboard pada casing
Lihat lubang sekrup yang ada pada casing
dan lubang sekrup pada motherbord. Letakanmotherbord
ke dalam casing dengan mencocokan lubang sekrup yang ada
pada motherbord dan casing.
Kunci dengan sekrup yang ada menggunakan obeng (+).
Gambar 3.4.5
Pemasangan motherboard
6. Memasang
Kabel Motherboard dan Casing
- Pasang
kabel konektor IDE pr
- imary dan
secondary pada motherboard.
- Untuk
motherboard non ATX, pasang kabel port serial dan pararel pada konektor di motherboard.
- Pada
bagian belakang casing terdapat lubang untuk memasang port
- tambahan
jenis non slot. Buka sekerup pengunci pelat tertutup lubang port laluma sukkan port konektor yang ingin dipasang dan pasang sekerup kembali.
- Hubungkan
kabel konektor mouse dan keyboard pada motherboard.
- Hubungan
kabel konektor yang lainnya seperti LED, speaker internal dan port yang tersedia di casing komputer.
7. Pasang VGA pada motherboard
Perhatikan slot untuk memasang vga lalu
buka penguncinya.Pasangkan vga dengan baik dabenar.
Setelah terpasang kuncikan vga dengan kunci yang ada di slot vga.
8.
Tahap terakhir
perakitan komputer
Jika semua langkah-langkah
perakitan komputer sudah selesai, kini tutup dengan casingberi sekrup.
Hubungkan kabel dari catu daya ke soket dinding dan juga hubungkan konektor monitor ke port
video card, konektor kabel keyboard dan konektor mouse ke port
mouse.
9. Melakukan pemeriksaan/ pengecekan
Setelah
komputer selesai dirakit, kita lakukan pemeriksaan dan pengetesan hasilnya
dengan
program BIOS, caranya yaitu :
- Nyalakan komputer dan
monitor, lihat layar monitor dan juga dengarkan suara dari speaker.
- Nah program Fost dari Bios
ini akan otomatis mendeteksi hardware apa saja yang sudah dipasang pada
komputer..
- Lakukan setting untuk nilai
dari kapasitas hardisk dan boot sequence.
- Jika sudah lalu simpan hasil settingan dan
exit dari setup BIOS, maka komputer meload system operasi dengan urutan
pencarian yang disesuaikan dengan settingan boot sequence pada Bios.
- Selanjutnya adalah
menginstall sistem operasi pada komputer sesuai dengan sistem operasi yang
kita inginkan. Ada banyak sistem operasi, diantaranya sistem operasi windows, linux, mac os, dan lain
sebagainya. jika komputer sudah di
instal dengan sistem operasi, maka selanjutnya,
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Praktek Kerja Industri(PRAKERIN) adalah gagasan baik
untuk membanggakan kreativitas dan skil yang dimiliki siswa. Karena melalui
Prakerin, selain malitih dan tanggung
jawab siswa Praktek lapangan industri, siswa akan menemukan jati diri selama
berada dan berinteraksi sengan lingkungan masyarakat luar.
Berinteraksi
didunia industri atau usaha tidaklah mudah, ada banyak hal yang perlu
dilakuakan, agar orang yang aknan kit ajak hubungan kerjasama dapat terkesan
akan apa yang kita lakukan atau kita kerjakan. Intinya sangat memberikan
pandangan luas bagi kita sebagai seorang siswa atau siswi (PELAJAR).
Setelah penulis
melaksanakan PRAKERIN selama tiga bulan di CV.GARDUCOM yang dilaksanakan pada
tanggal 01 Januari 2019 sampai dengan 30 Maret 2019, maka dengan demikian
penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut :
1)
Didalam dunia usaha
disiplin itu sangat perlu diperhatikan dan juga tidak mengabaikan keselamatan.
2)
Mengembangkan
inisiatif kerjasama dan bertanggung jawab dalam bekerja.
3)
Dapat mengembangkan
etos kerja yang baik dan benar.
4)
Dapat memaksimalkan skil dan keterampilan
dalam dunia susaha.
5)
Mengenal lingkungan
dan suasana kerja yang sebenarnya di
perusahaan (DU/DI).
6)
Menjaga tempat
kebersihan tempat bekerja.
4.2 Saran
Pada kesempatan
kali ini izinkan penulis untuk menyampaikan atau memberikan saran pada
pihak dunia usaha (DU/DI), pihak sekolah
dan pembaca, yang sekiranya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan guna
kemajuan dimasa yang akan datang.
4.2.1 Saran untuk pihak (DU/DI)
1.
Pihak dunia
industri dapat memberikan lebih banyak pekerjaan yang bermnfaat bagi siswa
ataupun siswi. Supaya dapat mengisi waktu-waktu kosong dengan suatu pekerjaan
yang bermanfaat. Dengan demikian dapat membuat siswa lebih berkembang lebih
cepat dan efektif.
2.
Ada baiknya (DU/DI)
meningkatkan pelayanan yang terbaik demi kepuasan pelanggan.
4.2.2 Saran untuk pihak sekolah
1.
Sebaiknya setelah
selesai Prakerin, pihak sekolah memberikan jeda waktu untuk siswa beristirahat
yang cukup.
2.
Melengkapi
alat-alat praktikum yang sekiranya belum lengkap atau kurang.
3.
Tingkatkan
guru-guru produktif.
4.
Teori dan praktikum
sebaiknya diberi semaksimal mungkin,
agar siswa atau siswi peserta Prakerinlebih siap saat berada di suatu instansi.
5.
Memperluas
kerjasama deangan dengan pihak perusahaan, sehingga mempermudah penerimaan
siswa atau siswi yang ingin melaksanakan Prakerin.
Penulis
sangat berharap besar, semoga lapran ini dapat berguna agai siswa ataupun siswi
khususnya
para pembaca pada umumnya, penulis menyadari bahawa dalam penulisan laporan ini banyak
kekurangan,
sesuai dengan pepatah “Tiada Gading Yng Tak Retak”, tiada karya manusia yang
sempurna selain karya-Nya.
Demikian
keadaan laporan PRAKERIN ini . Oleh karna, penulis senantiasa menharapkan
adanya
saran dan kritik yang membangun,
sehingga dimasa yang akan datang. Penulis sangat berharap,
semoga dengan
penulisan laporan ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak.
- yang harus dilakukan ialah
menginstall aplikasi pada komputer, diantaranya aplikasi anti virus,
microsoft office, webcam, dan lain-lain.
- Jika sudah melakukan
penginstalan sistem operasi dan aplikasi (software) pada komputer maka
komputer sudah dapat digunakan untuk membantu pekerjaan manusia.